Zahid Enggan Bershalawat

Dikisahkan bahwa ada seorang Zahid (orang yang menjauhi kenikmatan duniawi), tetapi dia enggan membaca shalawat kecuali pada waktu shalat.

Pada suatu saat Zahid bermimpi bertemu dengan Rasulullah saw. Dia berusaha menghampiri beliau, namun beliau enggan memperlihatkan wajahnya. Zahid pun bertanya: “Ya Rasulullah, apakah engkau marah kepadaku?”

Rasul :  Tidak

Zahid :  Tidakkah Rasul mengenalku? Aku adalah umatmu bernama Fulan az-Zahid.

Rasul :  Aku tidak mengenalmu

Zahid :  Ya Rasulullah, aku mendengar dari para ulama bahwa Nabi saw mengenali semua umatnya sebagaimana kedua orang tua mengenali anak-anaknya!

Rasul :  Para ulama itu benar, bahkan aku lebih mengenali umatku daripada kedua orang tua mengenali anak-anaknya. Adapun sejauh mana aku mengenali umat-umatku, adalah sesuai dengan banyak sedikitnya dia membaca shalwat untukku.